Semangat Perubahan untuk Kebaikan

change

Selalu ada kekayaan melimpah yang dirasakan,saat kita berhasil untuk merenung sejenak, berfikir lebih mendalam, merengkuh setiap pemaknaan-pemaknaan yang begitu mempesona.

Itu yang saya rasakan pagi ini ketika duduk sendiri di ruang tamu pada sebuah rumah sederhana di gunung pangilun.

Ketika pandangan ini menatap perlahan setiap sudut ruangan, hanya satu kata yg terucap; PERUBAHAN.

Saya selalu ingat pesan mak(ibu-red) pada kami semua, anak-anaknya.

“Berikan sentuhan-sentuhan yang berbeda pada setiap kehidupan, termasuk tata letak ruangan, kebersihan ruangan dan penambahan sedikit accesories. Maka kita akan rasakan suasana hati yang berbeda, pikiran yang cemerlang dan tentunya ide-ide baru,”

Pandangan saya pertama kali terhenti pada gubahan rangkaian bunga artifisial di sudut ruangan, dekat dengan sebuah pesawat telepon.

Saya amati lebih lama lagi rangkaian bunga tadi. Awalnya sempat terfikir sekilas, bahwa mungkin Mak membeli beberapa bunga baru dan menambahkankannya. Namun, akhirnya saya bisa pastikan bahwa semua bunga yang terangkai itu tak satu pun bunga baru. Semuanya bunga lama. Saya tahu persis itu, karena lima hari yang lalu Mak sendiri yang merendam seluruh bunga artifisial dalam sebuah ember dan meminta saya untuk mencucinya satu persatu.

Mak hanya mensubsitusikan beberapa bunga dari rangkaian bunga lain yang berada pada sudut ruangan berbeda.

Otomatis, mata saya pun langsung beralih ke sudut ruangan yg lain pula, tempat sebuah rangkaian bunga lain yang juga tampak indah, dengan susunan dan komponen yang berbeda.

Luar biasa! Hanya dengan teknik ‘Saling Tukar’ beberapa bunga di antara dua rangkaian bunga yg berbeda plus mengubah sedikit tatanan rangkaiannya, kedua rangkaian bunga terlihat baru dan memberikan suasana yang berbeda. Lebih indah..

Dan satu hal lagi yang menarik, Mak tetap gunakan vas bunga reuse, bekas sebuah guci tua yang pecah. Awalnya guci itu tingginya 100 cm, kini hanya 15 cm dan masih bisa dipakai 🙂

Suasana lain juga terlihat, saat saya mengeluarkan motor dan memarkirkannya di teras rumah.

Mata ini pun berusaha menangkap perubahan yang menarik. Tak ada bunga yang baru, hanya saja susunan pot-nya dirubah sedemikian rupa dan tentunya dibersihkan dari rumput-rumput liar. Meski taman kecil sederhana, namun tampak asri.

#Oke friends, silakan memberi sentuhan baru pada setiap sudut kehidupan kita. Meskipun, pada awalnya kita harus berusaha keras untuk meninggalkan comfort zone yang sejatinya hanya menjebak kita lebih lama dalam ‘tempurung’ yang usang dan kita pun tak kan pernah merasakan dan menjadi luar biasa.

Jangan takut untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Bagi teman saya yang ngaku le-LAKI (Rosso!hehe), jika selama ini nyaman di dalam ‘tempurung ketidakjelasan-pacaran’, sudah saatnya mendatangi calon mertua untuk segera melamarnya.. 🙂 Jika belum punya nyali, jadilah lelaki gentle..Happy ending-kan segera..beri kesempatan bagi lelaki yang telah siap untuk meminangnya.

Jangan takut, tak dapat jodoh, karena Allah akan siapkan nanti yang lebih baik lagi..bukankah kita seorang yggentle? Tentu akan Allah berikan yang terbaik, itu janjiNYA di QS An-Nur 26.

Owh, masih belum yakin? Masih takut? Oh, ayolah, kita seorang lelaki, man! 🙂 Kita mesti lakukan Perubahan!

Perubahan adalah sebuah drama kehidupan yg memberikan banyak ketakutan, sekaligus harapan. Seperti kata Sir Walter Scott, ‘hope is brightest when it drawn from fears‘. Dan manakala ketakutan itu dapat dikendalikan, ia akan berubah menjadi sebuah energi yang membangkitkan kehidupan yang kita sebut mukjizat. (2005,Rhenald Kasali dalam bukunya ‘Change‘)

Juga, di antara kita yang masih ‘ahli hisapbh’. Saatnya berjanji lebih brsyukur agar lebih mencintai diri, keluarga dan masyarakat dengan tidak merokok lagi.

Itu hanya contoh sederhana dalam aplikasi kehidupan, silakan untuk menerapkan di bagian kehidupan kita yang lain.. 🙂

Ayo, mumpung masih freshgraduate dari ‘Univesitas Ramadhan’,,mari pastikan diri ini untuk tetap memberikan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Baik dari hal yang paling kecil dan mudah, keluarga kita, masyarakat, bahkan dunia.

Hingga akhirnya, akan memberikan ide cemerlang penuh inspirasi untuk masa depan kita. Ya, ide cemerlang dan semua itu, terbukti memang, salah satunya tulisan yang sedang teman-teman baca ini..:)

(Padang,3 syawal 1433H, selepas syuruq menjelang dhuha) *Proses pengarsipan menjadi notes,,awalnya status FB,, 🙂

http://www.facebook.com/notes/akmal-ahmad/semangat-perubahan-untuk-kebaikan-/10151121631814437

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s